Jumat, 22 Februari 2013

Matematika Sebagai Ratu dan Pelayan Ilmu

Matematika sebagai ratu atau ibunya ilmu di maksudkan bahwa matematika adalah sebagai sumber dari ilmu yang lain. Banyak ilmu-ilmu yang penemuanb dan pengembangannya bergantung dari matematika. Sebagai contoh, bentuk teori-teori dan cabang-cabang dari ilmu lain yang ditemukan dan dikembangkan melalui konsep Kalkulus, khususnya tentang persamaan deferensial; Teori Ekonomi mengenai Permintaan dan Penawaran yang dikembangkan melalui konsep Fungsi dan Kalkulus tentang diferensial dan integral.

Matematika itu sebagai suatu ilmu berfungsi pula untuk melayani ilmu pengetahuan dengan kata lain. Matematika tumuh dan berkembang untuk dirinya sendiri sebagai suatu ilmu, juga untuk melayani kebutuhan ilmu pengetahuan dalam pengembangan dan oprasionalnya. Cabang Matematika yang memenuhi fungsinya sebagai ilmu pengetahuan dalam pengembangan dan operasional dinamakan dengan Matematika Terapan (Applied Mathematic).

Dari kedudukan matematika sebagai ratu ilmu pengetahuan tersirat bahwa matematika itu sebagai suatu ilmu berfungsi pula untuk melayani dan ilmu pengetahuan. Dengan perkataan lain, matematika tumbuh dan berkembang untuk dirinya sebagai suatu ilmu, juga untuk melayani kebutuhan ilmu pengetahuan dalam pengembangan dan operasionalnya.
 
Sumber: Pembelajaran Matematika Kontemporer, Erman Suherman dkk, Bandung:JICA-UPI

2 komentar:

--- Silahkan berikan komentar Anda ---

*** Terima kasih ***